Senin, 24 Oktober 2011

Jangan Bekerja untuk Uang Uanglah yang Harus Bekerja untuk Anda

Bekerja untuk mendapatkan uang adalah konsep yang ada dalam pikiran banyak orang dari sejak jaman dahulu hingga saat ini. Orang bekerja berdasarkan upah dan hanya mencari upah. Akibatnya, banyak orang yang merasa sudah bekerja dengan sangat keras tetapi tetap tidak merasa cukup atau bahkan memang pada kenyataannya, hasil kerjanya hanya cukup untuk kehidupan sehari-hari, tanpa tabungan dan jaminan hari tua. Prinsip bekerja seperti ini yang dianggap oleh Robert T Kiyosaki sebagai prinsip bekerja yang salah. Anda mungkin perlu membaca buku Robert Kiyosaki dengan judul Rich Dad Poor Dad. Pada buku ini, Kiyosaki memaparkan perlunya kita merubah pola pikir yang ada di kepala kita.
Dalam buku ini, Kiyosaki menjelaskan perbedaan pemikiran antara Rich Dad dan Poor Dad. Buku ini memberikan wawasan baru pada banyak orang untuk berpikir sebagai Rich Dad. Kiyosaki mengajarkan pada kita untuk bisa berpikir dan memberikan pendidikan termasuk sekolah pada anak kita dengan pola pikir Rich Dad, bukan pola pikir Poor Dad.
Kiyosaki juga menegaskan perlunya perombakan besar dalam konsep berpikir tentang kerja dan uang. Kesuksesan Kiyosaki menjadi orang yang sangat sukses secara finansial diawali dengan kemampuannya menemukan konsep baru dalam bekerja. Kiyosaki mengawali kesuksesannya dengan kesadaran bahwa konsep bekerja untuk uang adalah sebuah kesalahan. Konsep ini hanya akan membawa kita pada sejumlah uang sebanyak kita bekerja. Robert Kiyosaki memaparkan bahwa untuk dapat menjadi sukses, seseorang perlu berpikir ulang tentang konsep itu dan menggantinya dengan konsep baru, konsep di mana uang bekerja untuk kita. Pola pikir Poor Dad adalah pola pikir lama yang membuat kita terbenam dalam pekerjaan yang berat tanpa hasil yang maksimal. Pola pikir Poor Dad membuat kita terjebak pada pemikiran bahwa kita harus memiliki pemasukan dan penghasilan besar untuk bisa menjadi kaya. Dalam konsep baru ini, Robert Kiyosaki mengajak kita semua untuk memanfaatkan asset kita sebagai modal dasar dalam bekerja. Sadar asset adalah modal utama yang harus kita miliki.
Robert Kiyosaki memulai kesuksesannya dengan memakai asset yang dimiliki untuk membeli properti. Konsep ini yang ditularkan Kiyosaki kepada masyarakat dunia yang membaca buku Rich Dad Poor Dad miliknya. Menurut Kiyosaki, Anda semua harus mampu membuat uang Anda bekerja dan menghasilkan uang yang lebih banyak lagi. Skil individu dalam bidang tertentu memang perlu, akan tetapi skil manajemen yang mumpuni akan membawa Anda pada kesuksesan finansial. Menurut Kiyosaki, untuk bisa mencetak uang, maka Anda memerlukan uang juga. Artinya, Anda butuh modal untuk bisa mencetak uang. Membaca buku ini akan membuat Anda menyadari bahwa banyak hal yang harus dirombak pada pola pikir Anda. Jikapun Anda belum sukses secara finansial, maka Anda berkesempatan mengajarkan pada anak-anak tentang bagaimana mengelola uang mereka. Kiyosaki juga mengajarkan bagaimana membedakan antara aset dengan kewajiban atau liabilitas dan mengelola liabilitas. Kemampuan tersebut akan membawa kita pada kemampuan mencetak uang secara menakjubkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar